Fungsi - fungsi dalam excel sangat membuat kita dalam mengerjakan tugas entah tugas kampus, tugas kantor atau tugas lainnya. Nah semua fungsi dalam excel dimulai dengan = yang berguna untuk memperingkas penulisan rumus dengan maksud yang sama. Bentuk umum fungsi dalam excel terdiri dari tanda = yang diikuti oleh fungsi dan argumennya, argumen dapat berupa angka, teks atau label alamat sel atau range dan rumus atau fungsi lainya contoh:
= SUM ( D1 : D7 )
Ket: SUM = Fungsi /rumus)
D1:D7 = Argumen
Tanda : (titik dua) diartikan = sampai ex: d1:d7 artinya sel d1 sampai sel d7
Fungsi Statistik :
- = SUM (range): menjumlahkan data dalam range
- = AVERANGE ( Range ) : mencari rata rata dalam range
- = MAX ( Range ) : mencari nilai maksimum dari suatu range
- = MIN ( range ) : mencari nilai maksimum dari suatu range
- = COUNT ( Range ) Mencari jumlah data angka dalam range
- = COUNTA ( Range ) : Mencari Jumlah data angka atau teks dalam range
Fungsi Logika :
- = AND ( ekspresi logika A, ekspresi logika B,…..)
fungsi AND memberikan hasil True jika semua argumen yanga ada adalah benar
(TRUE) dan memberikan nilai False jika salah satu saja dari argumen bernilai
salah (FALSE).
- = OR ( ekspresi logika A, ekspresi logika B,….)
Fungsi OR memberikan hasil True jika salah satu dari argumen yang ada bernilai
bernilai True dan memberikan nilai False Jika tidak ada satupun dari argumen itu
yang ada benar (True)
- = NOT ( ekpresi logika )
fungsi NOT akan memberikan nilai kebalikan dari argumen yang ada bila argumen
bernilai true maka hasil dari fungsi ini adalah False sebaliknya jika nilai dari
argumen bernilai False maka hasilnya adalah True
- = IF ( ekspresi logika A, perintah 1, perintah 2)
jika ekspresi logika menghasilkan nilai true maka akan dilaksanakan perintah 1.
sebaliknya jika ekspresi logika menghasilkan False maka yang akan di laksanakan
adalah perintah 2
Fungsi Karakter
- = LEFT ( yang mau diambil, jumlah pengambilan )
Fungsi ini mengambil sejumlah karakter dari kiri sebanyak yang kita inginkan
- = RIGHT ( yang mau diambil, jumlah pengambilan )
Fungsi ini mengambil sejumlah karakter dari kanan sebanyak yang kita inginkan
- = MID ( yang mau diambil ,posisi pengambilan , jumlah pengambilan )
Fungsi ini akan mengambil dari posisi tertentu sebanyak yang di inginkan
- = LEN ( karakter )
Fungsi ini akan menghasilkan jumlah / panjang dari karakter termasuk spasi
- = UPPER ( Karakter )
Fungsi ini akan mengubah data teks dari huruf kecil ke huruf besar
- = LOWER ( Karakter )
Fungsi ini akan mengubah data teks dari huruf besar ke huruf kecil
Fungsi Tanggal Dan Waktu :
- = DATE (tahun, bulan tanggal)
Fungsi ini menampilkan angka seri dari data tanggal
- = DAY ( data tanggal)
Fungsi ini menghasilakan angka tanggal dari data tanggal
- = MONTH ( data tanggal )
Fungsi ini menghasilakan angka bulan dari data tanggal
- = YEAR ( data tanggal )
Fungsi ini menghasilakan angka tahun dari data tanggal
- = TODAY ()
Fungsi ini menghasilkan tanggal system
- = TIME (jam , Menit, detik)
Fungsi ini menampilkan angka seri dari data jam
- = HOUR (data jam)
Fungsi ini menampilkan angka jam dari data jam
- = MINUTE (data jam)
Fungsi ini menampilkan angka menit dari data jam
- = SECOND (data jam)
Fungsi ini menampilkan angka Detik dari data jam
- = NOW ()
Fungsi ini menampilkan jam system
Fungsi Pembacan Tabel:
- Dalam excel juga menyediakan fungsi untuk membaca tabel berdasrkan offset baris
dan offset kolom. Offset baris menyatakan posisi baris dalam suatu tabel
sedangkan offset kolom menyatakan posisi kolom dalam suatu tabel perhitungan
offset di mulai dari angka 1 untuk menyatakan baris atau kolom pertama dalam
range table
- Fungsi = VLOOKUP
Sintaks;
- = VLOOKUP (nilai kunci,arraytabel;offset kolom)
Membaca tabel yang tersusun Secara vertical. Nilai kunci adalah kunci yang
dipakai untuk membaca tabel yaitu yang berada pada kolom pertama pada tabel
dengan syarat isi kolom pertama yang ada pada tabel sudah terurut array tabel
adalah tabel yang berisi data / informasi dimana data tersebut akan di baca.
Array tabel ini bisa berupa nama tabel (jika range tabel telah di beri nama)
atau range dari tabel VLOOKUP
- Fungsi = HLOOKUP
Sintaks;
- = HLOOKUP (nilai kunci,arraytabel;offset kolom)
Membaca tabel yang tersusun Secara vertical. Nilai kunci adalah kunci yang
dipakai dalam pembacaan tabel yaitu yang berada pada baris pertama pada tabel
dengan syarat isi baris pertama yang ada pada tabel sudah terurut array tabel
adalah tabel yang berisi data / informasi dimana data tersebut akan di baca
Array tabel ini bisa berupa nama tabel (jika range tabel telah di beri nama)
atau range dari tabel HLOOKUP
Grafik
- Untuk menyajikan data dalam bentuk grafik, microsoft excel
menyediakan fasilitas CHART WIZARD, yaitu tuntunan langkah demi langkah untuk
membuat grafik
- Grafik excel dapat di buat menjadi satu dengan datanya atau di buat terpisah
pada lembar grafik tersendiri, tapi masih pada File yang sama.
anda dapat mengedit/merubah grafik dan Format sehingga tampil menarik.
- Microsoft excel menyediakan beberapa tipe grafik disesuaikan dengan kebutuhan dan
Format grafik yang anda inginkan
- Pembuatan Grafik
- Sebelum membuat grafik, persiapkan dahulu data yang mau di buatkan grafiknya
dengan ketentuan sebagai berikut:
- Data tersusun atas baris dan kolom
- Keterangan yang di perlukan pada grafik (legend, sumbu X) harus diletakan pada
baris paling atas dan kolom paling kiri dari data yang di sorot
- Bila data yang di buatkan grafiknya berada pada kolom atau kolom yang tak
berurutan mak gunakan tombol Control untuk menyorotnya
- Setelah data tersusun dengan baik maka prosedur yang harus di lakukan adalah :
- Sorot range yang akan di buatkan grafiknya
- Klik tool Chart Wizard Atau Menu Insert Chart selanjutnya akan muncul kotak
dialog Chart Wizard step 1 of 4. Pada kotak dialog Chart Type ini anda di
haruskan untuk memilih salah satu type grafik yang telah disediakan kemudian
Klik Next button untuk masuk ke langkah berikutnya akan muncul Step 2 of 4 :
chart source data. Pada kotak dialog terdapat Box range yang berisi alamat
range data yang akan dibuatkan grafiknya. Apabila terjadi kesalahan maka anda
dapat membetulkannya dengan mengKlik Box range tersebut, lalu sorotlah range
data tersebut. Pada series in 2 macam pilihan yaitu coloumn dan row yang dapat
di gunakan untuk menentukan jenis pengelompokan datanyalalu Klik Next bitton
untuk melanjutkan ke langkah berikutnya
- Muncul kotak dialog Chart Wizard step 3 of 4 : Chart Option. Anda bisa
menentukan judul grafik, garis skala, legen dan data labels Klik next button
untuk memunculkan kotak dialog Chart Location
- Pada kotak dialog ini anda diminta untuk menentukan lokasi dari penempatan
grafik yang akan di hasilkan ada dua pilhan yaitu:
- As New sheet : grafik diletakan pada sheet baru
- As Object in : Grafik diletakan menjadi satu dengan datanya
- Setelah semua selesai Klik Finish
Mencetak Woork sheet
- Setelah selesai mengatur tampilan halaman, kita dapat langsung mencetak halaman – halaman
tersebut,mencetak halaman / work sheet dapat menggunakan tombol print
pada toolbar satandar atau perintah print pada Menu File
- Ikutilah langkah berikut
- Pilihlah Menu File kemudian Klik print
- Pastikan bagian print what dalam keadaan selected sheet (s) tertandai, kalau
belum Klik bagian tersebut
- Pada area copies, Klik jumlah yang anda inginkan untuk di cetak
- Klik ok
Mengatur Halaman / Page Setup
- Untuk mengatur halaman baik ukuran kertas, batas kiri kanan atas bawah halaman,
header / footer, sheet bias dilkukan dengan langkah berikut:
- Klik Menu File
- Klik page setup
- Klik page untuk ukuran kertas
- Klik margin untuk batas ukuran kanan (right) kiri (left), bottom (bawah), dan top
(atas)
- Klik header footer untuk menambahkan catatan di bawah atau atas halaman
- Klik sheet untuk setting tampilkan lembar kerja
Nah gan selamat mencoba fungsi microsoft excel semoga dapat membantu ..............*_*...........
Ket: SUM = Fungsi /rumus)
D1:D7 = Argumen
Tanda : (titik dua) diartikan = sampai ex: d1:d7 artinya sel d1 sampai sel d7
Fungsi Statistik :
- = SUM (range): menjumlahkan data dalam range
- = AVERANGE ( Range ) : mencari rata rata dalam range
- = MAX ( Range ) : mencari nilai maksimum dari suatu range
- = MIN ( range ) : mencari nilai maksimum dari suatu range
- = COUNT ( Range ) Mencari jumlah data angka dalam range
- = COUNTA ( Range ) : Mencari Jumlah data angka atau teks dalam range
Fungsi Logika :
- = AND ( ekspresi logika A, ekspresi logika B,…..)
fungsi AND memberikan hasil True jika semua argumen yanga ada adalah benar
(TRUE) dan memberikan nilai False jika salah satu saja dari argumen bernilai
salah (FALSE).
- = OR ( ekspresi logika A, ekspresi logika B,….)
Fungsi OR memberikan hasil True jika salah satu dari argumen yang ada bernilai
bernilai True dan memberikan nilai False Jika tidak ada satupun dari argumen itu
yang ada benar (True)
- = NOT ( ekpresi logika )
fungsi NOT akan memberikan nilai kebalikan dari argumen yang ada bila argumen
bernilai true maka hasil dari fungsi ini adalah False sebaliknya jika nilai dari
argumen bernilai False maka hasilnya adalah True
- = IF ( ekspresi logika A, perintah 1, perintah 2)
jika ekspresi logika menghasilkan nilai true maka akan dilaksanakan perintah 1.
sebaliknya jika ekspresi logika menghasilkan False maka yang akan di laksanakan
adalah perintah 2
Fungsi Karakter
- = LEFT ( yang mau diambil, jumlah pengambilan )
Fungsi ini mengambil sejumlah karakter dari kiri sebanyak yang kita inginkan
- = RIGHT ( yang mau diambil, jumlah pengambilan )
Fungsi ini mengambil sejumlah karakter dari kanan sebanyak yang kita inginkan
- = MID ( yang mau diambil ,posisi pengambilan , jumlah pengambilan )
Fungsi ini akan mengambil dari posisi tertentu sebanyak yang di inginkan
- = LEN ( karakter )
Fungsi ini akan menghasilkan jumlah / panjang dari karakter termasuk spasi
- = UPPER ( Karakter )
Fungsi ini akan mengubah data teks dari huruf kecil ke huruf besar
- = LOWER ( Karakter )
Fungsi ini akan mengubah data teks dari huruf besar ke huruf kecil
Fungsi Tanggal Dan Waktu :
- = DATE (tahun, bulan tanggal)
Fungsi ini menampilkan angka seri dari data tanggal
- = DAY ( data tanggal)
Fungsi ini menghasilakan angka tanggal dari data tanggal
- = MONTH ( data tanggal )
Fungsi ini menghasilakan angka bulan dari data tanggal
- = YEAR ( data tanggal )
Fungsi ini menghasilakan angka tahun dari data tanggal
- = TODAY ()
Fungsi ini menghasilkan tanggal system
- = TIME (jam , Menit, detik)
Fungsi ini menampilkan angka seri dari data jam
- = HOUR (data jam)
Fungsi ini menampilkan angka jam dari data jam
- = MINUTE (data jam)
Fungsi ini menampilkan angka menit dari data jam
- = SECOND (data jam)
Fungsi ini menampilkan angka Detik dari data jam
- = NOW ()
Fungsi ini menampilkan jam system
Fungsi Pembacan Tabel:
- Dalam excel juga menyediakan fungsi untuk membaca tabel berdasrkan offset baris
dan offset kolom. Offset baris menyatakan posisi baris dalam suatu tabel
sedangkan offset kolom menyatakan posisi kolom dalam suatu tabel perhitungan
offset di mulai dari angka 1 untuk menyatakan baris atau kolom pertama dalam
range table
- Fungsi = VLOOKUP
Sintaks;
- = VLOOKUP (nilai kunci,arraytabel;offset kolom)
Membaca tabel yang tersusun Secara vertical. Nilai kunci adalah kunci yang
dipakai untuk membaca tabel yaitu yang berada pada kolom pertama pada tabel
dengan syarat isi kolom pertama yang ada pada tabel sudah terurut array tabel
adalah tabel yang berisi data / informasi dimana data tersebut akan di baca.
Array tabel ini bisa berupa nama tabel (jika range tabel telah di beri nama)
atau range dari tabel VLOOKUP
- Fungsi = HLOOKUP
Sintaks;
- = HLOOKUP (nilai kunci,arraytabel;offset kolom)
Membaca tabel yang tersusun Secara vertical. Nilai kunci adalah kunci yang
dipakai dalam pembacaan tabel yaitu yang berada pada baris pertama pada tabel
dengan syarat isi baris pertama yang ada pada tabel sudah terurut array tabel
adalah tabel yang berisi data / informasi dimana data tersebut akan di baca
Array tabel ini bisa berupa nama tabel (jika range tabel telah di beri nama)
atau range dari tabel HLOOKUP
Grafik
- Untuk menyajikan data dalam bentuk grafik, microsoft excel
menyediakan fasilitas CHART WIZARD, yaitu tuntunan langkah demi langkah untuk
membuat grafik
- Grafik excel dapat di buat menjadi satu dengan datanya atau di buat terpisah
pada lembar grafik tersendiri, tapi masih pada File yang sama.
anda dapat mengedit/merubah grafik dan Format sehingga tampil menarik.
- Microsoft excel menyediakan beberapa tipe grafik disesuaikan dengan kebutuhan dan
Format grafik yang anda inginkan
- Pembuatan Grafik
- Sebelum membuat grafik, persiapkan dahulu data yang mau di buatkan grafiknya
dengan ketentuan sebagai berikut:
- Data tersusun atas baris dan kolom
- Keterangan yang di perlukan pada grafik (legend, sumbu X) harus diletakan pada
baris paling atas dan kolom paling kiri dari data yang di sorot
- Bila data yang di buatkan grafiknya berada pada kolom atau kolom yang tak
berurutan mak gunakan tombol Control untuk menyorotnya
- Setelah data tersusun dengan baik maka prosedur yang harus di lakukan adalah :
- Sorot range yang akan di buatkan grafiknya
- Klik tool Chart Wizard Atau Menu Insert Chart selanjutnya akan muncul kotak
dialog Chart Wizard step 1 of 4. Pada kotak dialog Chart Type ini anda di
haruskan untuk memilih salah satu type grafik yang telah disediakan kemudian
Klik Next button untuk masuk ke langkah berikutnya akan muncul Step 2 of 4 :
chart source data. Pada kotak dialog terdapat Box range yang berisi alamat
range data yang akan dibuatkan grafiknya. Apabila terjadi kesalahan maka anda
dapat membetulkannya dengan mengKlik Box range tersebut, lalu sorotlah range
data tersebut. Pada series in 2 macam pilihan yaitu coloumn dan row yang dapat
di gunakan untuk menentukan jenis pengelompokan datanyalalu Klik Next bitton
untuk melanjutkan ke langkah berikutnya
- Muncul kotak dialog Chart Wizard step 3 of 4 : Chart Option. Anda bisa
menentukan judul grafik, garis skala, legen dan data labels Klik next button
untuk memunculkan kotak dialog Chart Location
- Pada kotak dialog ini anda diminta untuk menentukan lokasi dari penempatan
grafik yang akan di hasilkan ada dua pilhan yaitu:
- As New sheet : grafik diletakan pada sheet baru
- As Object in : Grafik diletakan menjadi satu dengan datanya
- Setelah semua selesai Klik Finish
Mencetak Woork sheet
- Setelah selesai mengatur tampilan halaman, kita dapat langsung mencetak halaman – halaman
tersebut,mencetak halaman / work sheet dapat menggunakan tombol print
pada toolbar satandar atau perintah print pada Menu File
- Ikutilah langkah berikut
- Pilihlah Menu File kemudian Klik print
- Pastikan bagian print what dalam keadaan selected sheet (s) tertandai, kalau
belum Klik bagian tersebut
- Pada area copies, Klik jumlah yang anda inginkan untuk di cetak
- Klik ok
Mengatur Halaman / Page Setup
- Untuk mengatur halaman baik ukuran kertas, batas kiri kanan atas bawah halaman,
header / footer, sheet bias dilkukan dengan langkah berikut:
- Klik Menu File
- Klik page setup
- Klik page untuk ukuran kertas
- Klik margin untuk batas ukuran kanan (right) kiri (left), bottom (bawah), dan top
(atas)
- Klik header footer untuk menambahkan catatan di bawah atau atas halaman
- Klik sheet untuk setting tampilkan lembar kerja
Nah gan selamat mencoba fungsi microsoft excel semoga dapat membantu ..............*_*...........
1 komentar:
makasih gan bermanfaat hehheee
Posting Komentar